Sungguh lucu bagaimana orang membuat kesalahan dengan memainkan lawan mereka saat mereka menggertak di Texas Hold’em. Seberapa sering pemain itu muncul lagi sepanjang sisa permainan? Anda akan terkejut berapa kali itu terjadi. Dan, orang yang menggertak dan lolos kemudian mungkin akan tertawa sampai ke bank.

Sekarang, katakanlah Anda berada pada peluang yang sangat ketat dalam permainan poker Texas Hold’em, dan Anda sudah memainkan beberapa tangan. Mengetahui hal itu, Anda mungkin tergoda untuk memanggil dan menaikkan ketika Anda tahu lawan memiliki keunggulan. Anda akan berpikir bahwa Anda akan menangkap mereka jika mereka melemparkan kartu kepada Anda, tetapi kebanyakan pemain tidak – terutama pada permainan yang ketat. Lantas, bagaimana cara mengetahui kartu musuh yang Anda mainkan di tangan dengan nilai kartu tinggi yang jelas?

Kuncinya adalah melihat tangan lawan Anda – apakah mereka memiliki kartu yang Anda pikir mereka miliki – dan kemudian memainkan tangan Anda sendiri melawan tangan mereka. Jika mereka memiliki keunggulan, dan Anda juga memiliki keunggulan, maka mungkin Anda berdua memiliki kesempatan untuk bertindak melawan satu sama lain. Anda mungkin bisa menggertak jalan ke tangan monster, tetapi kemungkinan Anda tidak akan pergi dari posisi buta dengan sangat mudah.

Jika lawan Anda menelepon, maka ada masalah. Lawan Anda selalu bisa membaca apa yang akan Anda lakukan selanjutnya. Mereka sudah dapat mengetahui rencana Anda jika mereka memperhatikan apa yang akan Anda lakukan – sekarang, mereka seharusnya menyadari bahwa Anda menelepon dan melipat. Kemudian, jika mereka melihat Anda menggertak, mereka dapat mulai menaikkan kembali Rais yang mereka miliki.

Jika Anda berpikir untuk memainkan jenis kenaikan pra-gagal tertentu, Anda harus memastikan bahwa Anda tetap ketat. Jika Anda membiarkan salah satu dari pola kenaikan ini membuat Anda keluar jalur, maka Anda akan berakhir di ujung tanduk. Bagaimana cara mengetahui kartu musuh yang Anda mainkan sebelum gagal? Tetaplah dengan kartu bernilai rendah seperti Ace of Clubs atau King of Diamonds.

Jika Anda memperhatikan bahwa lawan Anda menelepon dan menaikkan kembali kartu bernilai rendah ini sepanjang waktu, maka Anda perlu melakukan beberapa panggilan di sana-sini. Ingat, ketika Anda menelepon dan meningkatkan, Anda menggunakan kartu saku Anda sebagai investasi terhadap peluang pot Anda. Setiap kali Anda menelepon, Anda mengambil satu dari tangan lawan dan mereka harus menurunkan tangannya. Semakin banyak Anda memanggil di midgame, semakin baik posisi Anda akan terlihat.

Cara hebat lainnya untuk mengetahui apakah Anda sedang berhadapan dengan musuh adalah dengan memeriksa chip lawan. Jika Anda memiliki setumpuk kartu untuk menunjukkan bahwa Anda belum dipanggil, tetapi orang lain memiliki banyak chip, maka mereka mungkin akan menelepon Anda.